PENGARUH FREE SHIPPING PROMOTION, CUSTOMER RATING, DAN CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE DECISION

Harry Jundrio, Indira Tribhuwana Tungga Dewi, Laila Rahmatillah, Assyifa Rachma Nabela, Ardiansyah Ardiansyah, Rahmi Utami, Shalfi Andri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gratis ongkos kirim, penilaian konsumen, dan ulasan konsumen terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif kausalitas. Jenis data penelitian yaitu data primer yang dikumpulkan dengan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 100 responden. Data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian, hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, gratis ongkos kirim dan penilaian konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Sedangkan ulasan konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Nilai R2 sebesar 0,645 yang artinya variabel gratis ongkos kirim, penilaian konsumen, dan ulasan konsumen mempengaruhi keputusan pembelian sebesar 64,5%, sedangkan sisanya 35,5% dipengaruhi oleh variabel di luar variabel yang diteliti.

Keywords


Gratis Ongkos Kirim; Penilaian Konsumen; Ulasan Konsumen; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Platform E-Commerce Terpopuler di Indonesia 2025. (2025). https://edot.id/articles/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-di-indonesia-pada-awal-2024-siapa-juaranya

Amalia, P. & Aryanto, V. D. W. (2023). Pengaruh Celebrity Endorsement, Online Review Customer Dan Promo Gratis Ongkir Terhadap Minat Beli Produk Pada Keranjang Kuning Tiktokshop (Studi Kasus Pada Mahasiswa UDINUS Semarang). Journal Of Social Science Research, 3, 11190–11200.

Anam, K. (2025). Riset Ipsos 2025 Ungkap Lanskap Persaingan E-Commerce. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20250717221318-37-650097/riset-ipsos-2025-ungkap-lanskap-persaingan-e-commerce

Arif, F. (2025). 35 Data Statistik E-commerce Indonesia yang Penting. https://semnesia.com/blog/data-statistik-ecommerce-indonesia/

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi (1st ed.). Raja Grafindo Persada.

Damayanti, R. S. (2020). Pengaruh Online Customer Review And Rating, E-Service Quality Dan Price Terhadap Minat Beli Pada Online Marketplace Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadyah Magelang). Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern Techonolgy.

Haqiqy, S. Z., Navtalie, G. L., & Qudsiah, M. D. H. (2023). MotifPengguna Shopee dalam Membeli Barang Elektronik Secara Daring. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2.

Hariyanto, H. T., & Trisunarno, L. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 9(2).

Jundrio, H. (2022). Manajemen Merk. In Manajemen Pemasaran di Era 4.0 (1st Ed.). Eureka Media Aksara.

Jundrio, H., Dewi, I. T. T., Irawan, A. N., Sangaji, A. A. P., & Shafakaris, P. R. (2024). The Influence of Website Quality, Electronic Word of Mouth, and People Lifestyle on Purchase Decisions on the Zalora Indonesia Marketplace. International Journal of The Newest Social and Management Research (INSOMA), 2(1).

Jundrio, H., & Keni, K. (2020). Pengaruh Website Quality, Website Reputation Dan Perceived Risk Terhadap Purchase Intention Pada Perusahahaan E-Commerce. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i2.7802

Kurniawan, B. (2021). Pengaruh Online Customer Reviews Dan Rating Terhadap Minat Pembelian Di Lazada. JIBAKU: Jurnal Ilmiah BisnisManajemen Dan Akuntansi, 2(1).

Marbun, K. Y., & Khoiri, M. (2023). Factors Influencing The Purchase Decision Of Garnier Facial Cleanser In Batam City. Jurnal Ilmiah Manajemen (JIMUPB), 5(3).

Martini, L. K. B., Sembiring, E., & Paulus, F. (2022). Customer Online Customer Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Modeliafashion Pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science (JAMAS), 4(1).

Mokodompit, H. Y., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2022). Pengaruh Online Customer Rating, Sistem Pembayaran Cash On Delivery Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Di Tiktok Shop (Studi Pada Mahasiswa Dan Alumni Equil Choir FEB UNSRAT). Jurnal EMBA, 10(3).

Rizti, F. (2024). 185,3 Juta Pengguna Internet Tercatat di Indonesia pada 2024. https://data.goodstats.id/statistic/1853-juta-pengguna-internet-tercatat-di-indonesia-pada-2024-JFNoa

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Uzzahra, D. F., Rohmawati, R., & Hidayat, S. (2024). Analisis Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Wardah Cosmetics. GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 4(2).




DOI: https://doi.org/10.32509/jmb.v5i1.5864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
JL. HANG LEKIR I No.8 JAKARTA 10270
Email: jmb@jrl.moestopo.ac.id