STRATEGI KORAN JAWA POS MEMPERTAHANKAN BISNIS MEDIA CETAK DI ERA DIGITAL

Dani Setiadarma

Abstract


Penelitian ini menganalisa strategi yang diterapkan Koran Jawa Pos dalam menghadapi persaingan perkembangan teknologi yang dihadapi bisnis media massa di era digital. Penelitian ini menemukan bahwa Koran Jawa Pos telah berhasil bertahan selama lebih dari tujuh dekade dengan menunjukkan kemampuan adaptasi yang tinggi dan strategi yang efektif. Perubahan visual yang signifikan, fokus pada berita lokal, adanya program kegiatan sosial, serta pemberian ruang untuk publik merupakan beberapa strategi yang diterapkan untuk membangun opini publik dan mempertahankan audiens. Meskipun menghadapi persaingan ketat dari media digital, Koran Jawa Pos masih memiliki beberapa keunggulan, seperti pengalaman, koleksi arsip, nilai sentimental, dan interaksi sosial. Sebagai saran, Koran Jawa Pos perlu memperkuat konten lokal, menerapkan strategi digital yang efektif, meningkatkan kualitas konten, mencari sinergi dengan media digital, dan menjalankan program loyalitas pembaca untuk mempertahankan eksistensi dan relevansi di masa depan.

Keywords


Strategi; Media Cetak; Jawa Pos; Digital

Full Text:

PDF

References


Adnan, M. S. (2019). Abreviasi Pada Berita Dalam Surat Kabar Jawa Pos. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 201-206.

Asyari, R. (2015). Media Ownership, Bias, and Intervention (Doctoral dissertation, University of Sheffield, United Kingdom).

Baker, C Edwin. (2007). Media Concentration and Democracy Why Ownership Matters. Cambridge University Press: Cambridge

Barrat, David. (1994). Media Sociology Society Now. London and New York: Taylor and Francis Routledge

Brahmasari, I. A. (2004). Pengaruh variabel budaya perusahaan terhadap komitmen karyawan dan kinerja perusahaan kelompok penerbitan pers Jawa Pos (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).

Burton, Graeme. (1999). Pengantar Untuk Memahami: Media Dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.

Creswell, JW. (2002). Research Design Qualitative & Quantitative Approaches, California, Sage Publication

Christiani, L. C. (2015). Spasialisasi Grup Media Jawa Pos. Jurnal ilmu komunikasi, 12(2).

Golding, Peter & Graham Murdock, 1997, The Political Economy of Media Edward Elgar Publishing.

Gramsci, Antonio, (2013), Prison Notebooks, Catatan-Catatan dari Penjara (Terjemahan: Teguh Wahyu Utomo) Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ishadi, S. K. (2002). Praktek-praktek Diskursus di Ruang Pemberitaan RCTI, SCTV, Indosiar: Analisis Kritis Prosesproses Produksi Teks Berita Menjelang Berakhirnya Pemerintahan Soeharto (Mei 1998). Disertasi Universitas Indonesia.

Jenkins, Henry. (2006).Convergence Culture: Where Old and New Media Collide. New York: New York University Press.

Kellner, Douglas. (2010). Budaya Media; Cultural Studies, Identitas, dan Politik Antara Modern & Postmodern (terjemahan: Galih Bondan Rambatan), Yogyakarta: Jalasutra.

Krishna, Sen & David T. Hill. (2007). Media, Culture & Politics in Indonesia, Jakarta: Equinox Publishing

Lim, M. (2012). Media concentration in Indonesia. Research Report, Tempe AZ: Perticipatory Media Lab Arizona State University

Media Overview Jawa Pos. (2024). Jawa Pos for Indonesia. PT. Jawa Pos Koran

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication, Sage Publication, London

McLuhan, Marshall. (1964). Understanding Media : The Extensions of Man. NewYork:

McGraw-Hill.

Mulyana. Deddy. (2003). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Setiadarma, D., & Hendriyani, H. (2020). Analysis of Ideological Practices in News Program Seputar Indonesia RCTI Through The 2014 Presidential Election Campaign. In Proceedings of The International Conference on Environmental and Technology of Law, Business and Education on Post Covid 19, ICETLAWBE 2020, 26 September 2020, Bandar Lampung, Indonesia.

Sudibyo, A. (2004). Ekonomi politik media penyiaran. LKIS Pelangi Aksara.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kualitatif: Untuk penelitian yang bersifat eksploratif, enterpretif, interaktif, dan konstruktif. Bandung: Alfabeta Susanti, S., & Wisesa, J. (2020).

Utomo, Y., Jumali, M. A., & Salsabila, D. N. (2022). Analisis Critical To Quality (Ctq) Pada Percetakan Koran Di Pt Temprina Media Grafika (Jawa Pos Group). Waktu: Jurnal Teknik UNIPA, 20(02), 103-109.

McQuail, Denis. (2007). Mcquail’s Mass Communication Theory. UK : SAGE Publication. Merlyna, L. (2013) The League Of Thirteen:Media Concentration In Indonesia, Participatory

Media Lab Arizona State University

Wibisono, I., Pawito, P., & Astuti, I. D. (2019). Kebijakan Redaksional Dalam Konvergensi Media (Studi Kasus Jawa Pos). Jurnal Ilmu Komunikasi Acta Diurna, 15(1), 1-16.




DOI: https://doi.org/10.32509/jmb.v5i1.5787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
JL. HANG LEKIR I No.8 JAKARTA 10270
Email: jmb@jrl.moestopo.ac.id