SIMULASI MINAT BERKUNJUNG KE DESTINASI WISATA MELALUI KONTEN TIKTOK, REELS DAN SHORTS

Dian Meliantari, Achmad Tarmizi

Abstract


Biaya wisata yang cukup mahal membuat banyak masyarakat tidak bisa menikmati keindahan wisata, belum lagi ditambah dengan biaya transportasi dan akomodasi yang tinggi.  Hal tersebut membuat semakin mahalnya masyarakat untuk dapat berwisata di Indonesia.  Untuk itulah wisata virtual menjadi alasan penelitian ini dilakukan.  Melalui video yang menarik tentu masyarakat bisa turut menikmati keindahan tempat-tempat wisata secara virtual. Penelitian ini mengamati variabel tiktok, reels dan shorts kaitannya terhadap simulasi minat berkunjung ke destinasi wisata. Pengambilan sampel secara purposive sampling sebanyak 100 sampel menggunakan rumus Hair dan dilanjutkan dengan analisis regresi linier beranda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Tiktok dan Reels berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung tapi variabel Shorts tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.  Secara simultan variabel Tiktok, Reels dan Short berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.


Keywords


simulasi wisata; tiktok; reels; shorts; minat berkunjung

Full Text:

PDF

References


@icampusindonesia &, T. @psikologiindonesia. (2023). Rahasia Meraih Peluang Bisnis Dengan Tiktok Shop: Strategi Pemasaran dan Pengembangan Bisnis yang Efektif. Penerbit Andi.

Alvionita, A. et al. (2024). Strategi Pemasaran Media Sosial: Membangun Keterlibatan dan Jangkauan. Takaza Innovatix Labs.

Baura, E.A., et al. (2018). Virtual Tour Panorama 360 Derajat Tempat Wisata Kota Tobelo. Ju Rnal Teknik Informatika, 13(3).

BPS. (2024). Jumlah Devisa Sektor Pariwisata 2021-2022.

Breitman, K. (2024). YouTube Shorts vs TikTok: Mana yang Terbaik untuk Konten Anda? Https://Riverside.Fm/Blog/Youtube-Shorts-vs-Tiktok. https://riverside.fm/blog/youtube-shorts-vs-tiktok

Darma, B. (2022). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS. Guepedia.

Fadhilah, IN, et al. (2023). Problematika Teori dan Praktik Komunikasi. Mahakarya Citra Utama Group.

Fajrina, H. (2023). 2 Tahun YouTube Shorts di Indonesia, Berapa Gen Z yang Pakai? Https://Uzone.Id/2-Tahun-Youtube-Shorts-Di-Indonesia-Berapa-Gen-z-Yang-Pakai-.

Fauziah, E. (2021). Pengelolaan Destinasi Wisata. Uwais Inspirasi Indonesia.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hair, J. F. et al. (2019). Partial Least Squares Structural Equation ModelingBased Discrete Choice Modeling: An Illustration In Modeling Retailer Choice. Business Research, 12(1).

Havianto CA, Artiningrum, T. (2022). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi Objek Wisata Bumi Almira. GEOPLANART, 4(2).

Helianthusonfri J. (2019). Belajar Social Media Marketing. Elex Media Komputindo.

Ilhamsyah. (2020). Pengantar Strategi Kreatif ADVERTISING ERA DIGITAL. Penerbit Andi.

Indonesia, C. (2024). 6 Destinasi Wisata yang Dulu Viral Sekarang Sepi. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240906105511-33-569708/6-destinasi-wisata-yang-dulu-viral-sekarang-sepi-bak-kuburan

Jayadharma, F & Setiawan, B. (2024). Live Streaming TikTok bagi Generasi Z dalam Meningkatkan Promosi Pariwisata di Kawasan Kota Tua DKI Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 8(3).

Kusuma, B. (2016). Top 15 Travel Destinations in Indonesia. Elex Media Komputindo.

Meliantari D. (2022). Manajemen Pemasaran (Buku Ajar). Uwais.

Najwati, N. & Z. (2023). PERAN PROMOSI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI JATTINANGOR NATIONAL PARK. JURNAL ILMIAH SULTAN AGUNG, 2(1).

Normalia, RP, et al. (2023). Peran Media Sosial Tiktok Sebagai Komunikasi Massa pada Generasi Z. In Jaka (Ed.), Problematika Teori dan Praktik Komunikasi. Mahakarya Citra Utama Group.

Novitaningtyas, I. et al. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BERKUNJUNG WISATAWAN DI KAWASAN BALKONDES BOROBUDUR. Pariwisata, 9(1).

Nurhadi, N., et al. (2024). Pengelolaan Media Sosial Sebagai Strategi Pemasaran Digital Dalam Upaya Pengembangan Desa Wisata Sombu Wakatobi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(2).

Ovan & Saputra. (2020). Cami: Aplikasi Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Berbasis Web. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Pandrianto, N., et al. (2023). Budaya Pop: Komunikasi dan Masyarakat. Gramedia Pustaka Utama.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Rosario, AT & Boechat, A. (2023). Impact of Digitalization on Communication Dynamics. IGI Global Scientific Publishing.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Penerbit Alfabeta.

Widiawanti, O., et al. (2023). Penggunaan Media Sosial Tiktok Sebagai Referensi Wisata: Studi Kasus Pada Karyawan Indomaret di Jakarta. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2).




DOI: https://doi.org/10.32509/jmb.v5i1.5384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
JL. HANG LEKIR I No.8 JAKARTA 10270
Email: jmb@jrl.moestopo.ac.id