PENGARUH TERPAAN IKLAN EDISI SAMPO KHUSUS HIJAB: RECHARGE REFRESH & ANTI KETOMBE TERHADAP RESPON KONSUMEN

May Rizdiana Santi, Suswinda Ningsih, Anastasia Lintang Proborini, Salfhaoctha Friemay Aliefia Poetry

Abstract


Semua wanita ingin menjaga dirinya semaksimal mungkin, termasuk wanita bercadar yang membutuhkan sampo khusus hijab untuk merawat rambutnya. Meski hijab dapat melindungi rambut dari sinar matahari, angin, dan polusi udara, namun seorang wanita berhijab tidak boleh mengabaikan perawatan rambutnya. Perawatan rambut harus lebih diperhatikan. Rambut kita yang tertutup dan tidak terkena sinar matahari akan mengalami berbagai masalah seperti lepek, gatal bahkan bercabang jika tidak dirawat dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh terpaan iklan televisi terhadap respon khalayak konsumen dalam melihat dan memahami pesan iklan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian regresi berganda. Teori yang digunakan adalah The Facet Models of Response Consumer dengan populasinya adalah siswa kelas XII SMA AL-Azhar 3. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden melalui teknik stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh terpaan iklan tidak banyak berpengaruh terhadap keberhasilan sebuah iklan dalam membujuk konsumen untuk membeli produk tersebut.

Keywords


Terpaan Iklan; Respon Audiens; The Facet Model of Effect

Full Text:

PDF

References


Amstrong, P. K. (2012). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

Bang, H. &. W. B. W. (2016). Tracking users’ visual attention and responses to personalized advertising based on task cognitive demand. Computers in Human Behavior, 55, 867–876.

C. H. a. R. A. Hackley. (2015a). Advertising and promotion. sage publication asia-pasific Pte,Ltd.

C. H. a. R. A. Hackley. (2015b). Advertising and Promotion. Sage Publication Asia-Pacific Ltd.

Chandra, S. V. (n.d.). Analisis Komunikasi Pemasaran dalam Pengembangan Brand Melalui Perspektif Teori AIDA (Studi Kasus Hotel Harper Cikarang). Kiwari, 371–372.

Dharmayanti, D. (2006). ANALISA SENSITIVITAS RESPON KONSUMEN TERHADAP EKSTENSIFIKASI MEREK (BRAND EXTENSION) PADA MARGARINE MEREK FILMA DI SURABAYA. JURNAL MANAJEMEN PEMASARAN. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 66.

Ghose, A. &. T. V. (2015). Towards a digital attribution model: Measuring the impact of display advertising on online consumer behavior. SSRN Electronic Journal 40, 889–910.

H. S. Wibowo. (2015). Pengaruh Terpaan Iklan Televisi Pictorial Warning Rokok pada Kemasan Rokok terhadap Sikap untuk Berhenti Merokok pada Perokok Dewasa di Kota Yogyakarta. (Doctoral Dissertation, UAJY), 16.

J. B. S. R. J. A. R. A. &. V. D. Brechman. (2016). Limited-Interruption Advertising In Digital-Video Content: An Analysis Compares the Effects of “Midroll” Versus “Preroll” Spots and Clutter Advertising. Journal of Advertising Research, 56(3), 291.

M. B. Favero. (2013). Integrated communication in retail fashion: a study of integration between advertising and communication at the point of sale. Journal of Arts and Humanities, 2(2), 25–37.

Maulidasari, C. D. (2018). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Pada PT.PT. Bank Aceh Melalui Pendekatan Teori AIDA. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 76.




DOI: https://doi.org/10.32509/jmb.v4i2.5357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
JL. HANG LEKIR I No.8 JAKARTA 10270
Email: jmb@jrl.moestopo.ac.id