PERAN CITRA DESTINASI, AKSESIBILITAS, DAN KEPUASAN WISATAWAN DALAM MENINGKATKAN NIAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN KE YOGYAKARTA

Ari Apriani, Siti Annisa Wahdiniawati, Ika Puji Saputri, Vely Randyantini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra destinasi, aksesibilitas, dan kepuasan wisatawan terhadap niat kunjungan ulang wisatawan ke Yogyakarta. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya tingkat kunjungan ulang meskipun Yogyakarta memiliki potensi wisata yang unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang dibagikan kepada wisatawan yang telah mengunjungi Yogyakarta. Data dianalisis menggunakan model persamaan struktural berbasis varians (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra destinasi dan aksesibilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan, serta terhadap niat kunjungan ulang. Selain itu, kepuasan wisatawan juga ditemukan memediasi pengaruh citra destinasi terhadap niat kunjungan ulang, namun tidak memediasi pengaruh aksesibilitas. Indikator utama yang memengaruhi citra destinasi adalah keunikan budaya dan keramahan masyarakat, sedangkan aksesibilitas dipengaruhi oleh ketersediaan transportasi dan infrastruktur yang memadai. Penelitian ini sejalan dengan studi terdahulu yang menunjukkan pentingnya pengelolaan citra destinasi dan aksesibilitas dalam meningkatkan loyalitas wisatawan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pendekatan strategis yang holistik dalam pengelolaan destinasi wisata. Pengelola destinasi disarankan untuk meningkatkan citra dan aksesibilitas destinasi, sekaligus menciptakan pengalaman wisata yang memuaskan untuk mendukung keberlanjutan pariwisata. Dengan demikian, Yogyakarta dapat mempertahankan posisinya sebagai destinasi wisata unggulan yang mampu menarik wisatawan untuk kembali. Penelitian ini juga membuka peluang untuk eksplorasi variabel tambahan seperti teknologi dan keberlanjutan dalam konteks pengembangan pariwisata.


Keywords


Citra Destinasi; Aksesibilitas; Kepuasan Wisatawan; Niat Kunjungan Ulang; Pariwisata Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Afshardoost, M., & Eshaghi, M. S. (2020). Destination image and tourist behavioural intentions: A meta-analysis. Tourism Management. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0261517720300789

Bayih, B. E., & Singh, A. (2020). Modeling domestic tourism: motivations, satisfaction and tourist behavioral intentions. Heliyon, 6(9). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04839

Cakici, A. C., Akgunduz, Y., & Yildirim, O. (2019). The impact of perceived price justice and satisfaction on loyalty: the mediating effect of revisit intention. Tourism Review, 74(3), 443–462. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/TR-02-2018-0025

Chin, C.-H., Law, F.-Y., Lo, M.-C., & Ramayah, T. (2018). The Impact of Accessibility Quality and Accommodation Quality on Tourists’ Satisfaction and Revisit Intention to Rural Tourism Destination in Sarawak: The Moderating Role of Local Communities’ Attitude. Global Business and Management Research: An International Journal, 10(2), 115–127.

Diartika, F., Rafika, T., Indartin, D., & Rizka, H. (2024). KEPUASAN WISATAWAN PANTAI TANJUNG PAPUMA , KABUPATEN JEMBER BERDASARKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. 7(3), 44–53.

Ghozali, I., & Latan, H. (2020). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris (Vol. 2). Universitas Diponegoro.

Giao, H. N. K., Ngan, N. T. K., Phu, N. P. H., Tuan, H. Q., Hong, H. K., Anh, H. D. T., Nhu, D. T. H., & Lan, N. T. (2020). How Destination Image Factors Affect Domestic Tourists Revisit Intention to Ba Ria-Vung Tau Province, Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(6), 209 – 220. https://doi.org/doi:10.13106/jafeb.2020.vol7.no6.209

Joseph F. Hair, J., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2021). A primer on partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Sage Publications.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 16 edition (16th ed.). Pearson Prentice Hall.

Malikhah, S. (2023). Pengaruh Citra Destinasi, Fasilitas Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Berkunjung Kembali Pada Wisata Puncak Becici Yogyakarta. Upajiwa Dewantara, 7(1).

Muhamad, N. (2023). Provinsi Tujuan Turis Lokal Terbanyak hingga Juni 2023, Jatim Kalahkan Bali. Https://Databoks.Katadata.Co.Id/. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/08/03/provinsi-tujuan-turis-lokal-terbanyak-hingga-juni-2023-jatim-kalahkan-bali

Ningrum, W. P. (2021). Niat Berkunjung Kembali Dan Kesediaan Getok Tular Wisatawan Pada Wisatawan Pantai Jetis Kabupaten Cilacap. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 23(4), 47–59. https://doi.org/https://doi.org/10.32424/jeba.v23i4.2878

Ningtiyas, E. A., & Alvianna, S. (2021). Analisis pengaruh attraction, accessibility, amenity, ancillary terhadap minat berkunjung wisatawan melalui loyalitas wisatawan sebagai variabel mediasi. Media Wisata, 19(1), 83–96. https://doi.org/https://doi.org/10.36276/mws.v19i1

Pratiwi, K. A., Sudarsana, I. M., Putu, I., Adi, M., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Indonesia, U. H. (2024). Membangun Konsep Niat Berkunjung Kembali Ke Desa Wisata Di Kabupaten Buleleng Bali. 29(03), 528–551.

Prayag, G. (2009). Tourists’ Evaluations Of Destination Image, Satisfaction, And Future Behavioral Intentions—The Case Of Mauritius. Journal of Travel & Tourism Marketing, 26(8), 836–853. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10548400903358729

Pusat Data dan Sistem Informasi. (2021). Statistik Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2020. Pusat Data dan Sistem Informasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rahmawati, A., & Hanif, A. (2025). FASILITAS DAN PELAYANAN PRIMA : MENINGKATKAN MINAT WISATAWAN UNTUK BERKUNJUNG KEMBALI KE PANTAI. Jurnal Sains Terapan Pariwisata, 10(1), 46–56. https://doi.org/10.56743/jstp.v10i1.482

Rasoolimanesh, S. M., Seyfi, S., Rastegar, R., & ... (2021). Destination image during the COVID-19 pandemic and future travel behavior: The moderating role of past experience. In … Marketing & Management. Elsevier. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2212571X21000688

Safitasari, C., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Promosi Dan Citra Destinasi Terhadap Kepuasan Melalui Keputusan Pengunjung. Management Analysis Journal, 6(3). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/maj.v6i3.17500

Sekaran, U., & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6 Buku 1 (6th ed.). Salemba Empat.

Simeon, M. I., Buonincontri, P., Cinquegrani, F., & Martone, A. (2017). Exploring tourists’ cultural experiences in Naples through online reviews. Journal of Hospitality and Tourism Technology, 8(2), 220–238. https://doi.org/https://doi.org/10.1108/JHTT-10-2016-0067

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.32509/jmb.v5i1.5296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

  

Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
JL. HANG LEKIR I No.8 JAKARTA 10270
Email: jmb@jrl.moestopo.ac.id